Tuesday, 16 December 2014

5 Langkah Menulis Cerpen

Menulis cerpen itu mudah. Sama seperti kalau kita berbicara, bercerita, hanya bedanya menulis cerpen adalah bercerita dengan tulisan. Jadi lupakan segala teori penulisan cerpen yang muluk-muluk dan mulailah bercerita…Oke daripada mbulet gak karuan sekarang langsung ke langkah pertama :
  1. Nyalakan komputermu, mulailah menulis kata pertama….terserah tidak harus bingung milih kata. Kalau susah cobalah dengan kata… “Pada suatu hari ku turut Ayah ke kota”. Sebentar gampang kalau mau di edit.
  2. Mulailah dengan sudut pandang orang pertama. Jangan salah, sudut pandang ini sering dipakai oleh novelis besar seperti John Grisham, atau almarhum Michael Crichton yang melahirkan karya Jurassic Park. Contoh : Pada suatu hari aku sedang mengetik di kamarku, lalu tiba-tiba Shanti memanggilku, “ Ron, Ronny.., kamu lagi ngapain? “ Aku diam saja sambil membatin “ngapain sih cewek ini gangguin aja” .Aku kembali menulis cerpenku dst.
  3. Hapus semua kaidah penulisan cerpen yang kamu dapat dari bangku SD sampe kuliah, karena itu hanya menghambat kreatifitasmu. Bayangin aja gimana mau nulis kalo aturannya banyak banget, Harus bikin kerangka karanganlah, harus ada ide pokoklah, harus EYD lah harus baku kalimatnya, harus tanda bacanya bagus, harus deskriptif. Padahal banyak lho penulis yang menulis gak jelas tapi malah terkenal karena dinggap cerpennya misterius hehehehehe, padahal mungkin emang lupa ngasih ending ......so jangan khawatir, Menulis cerpen dulu mikir belakangan ......Ok.
  4. Trus gimana bikin cerpen yang bagus? Gak ada ide? Tenang aja..... ide itu otomatis selalu ada di kepalamu. Gak perlu melamun cari inspirasi, cukup tulis kehidupanmu sehari ini saja... Coba lihat salah satu syairnya slank..”aku langsung bangun dan bakar rokok..” nah gitu aja jadi lagu terkenal.... coba lihat contoh : "Waduh, aku terlambat kuliah nih. Padahal Jakarta selalu macet. Belum mandi nih, mandi dulu ah.. , Eh lagi asiknya mandi tiba tiba handphoneku bunyi. Gimana nih, terpaksa deh aku keluar dari kamar mandi berlilit handuk masih basah kuyup. Yak, berhasil mencapai handphone dan kuangkat  'halooowww' ……dst".
  5. Dah gitu aja, kalo banyak2 malah gak nulis2, selamat berkarya cerpenholic…, kalo kesulitan kembalilah ke poin 1...... udah dulu ya......

0 komentar:

Post a comment